Laman

Selasa, 15 Desember 2015

Tips Nyontek (Bahkan buat yang enggak ulangan)

Setelah pulang hujan-hujanan dari pesantren, seolah memberi gue inspirasi untuk menulis. Karena ini adalah masa-masa ulangan tengah semester, jadi gue mau berbagi tips menyontek kepada kalian semua, pelajar-pelajar yang pingin pintar tapi malas belajar, tapi sebelumnya gue mau cerita dulu, gue juga lagi ulangan, mungkin lo pada heran, gue ulangan tapi bisa nulis postingan di blog, apakah gue pintar sehingga enggak perlu belajar ? Enggak ! Anggap aja gue ini santri paling bego di pesantren, dan “bego” itu adalah sebuah AIB yang bener-bener AIB, kalo kita kelihatan jelek, itu bisa dimaklum, tapi kalo udah kelihatan bego, malunya enggak ketolong. Gue emang bego, untungnya gue kreatif, ya’ Tuhan memang Maha Adil ! Kenapa gue dengan pede menyatakan kalau gue kreatif ?! Gue ambil contoh saat ulangan tadi, gue menjawab dengan kreatifitas, bukan dengan kecerdasan, misal tadi ada soal pelajaran “ushul tafsir” pelajaran yang membahas hal ihwal kitab Al-Qur’an, soalnya pakai bahasa Arab, untung gue enggak bego-bego amat, gue ngerti soalnya, tapi enggak tau jawabannya, ketidak tahuan gue ini memunculkan kreatifitas di otak gue, jadi tadi ada soal yang artinya kalu gue terjemahin “apa yang dimaksud dengan ayat faadhil ?” lalu soal selanjutnya “apa yang dimaksud dengan ayat mafdhul ?” gue tau “faadhil” itu artinya lebih dan “mafdhul” itu artinya dilebihkan, tapi gue enggak tahu itu ayat yang seperti apa, jadi gue jawab aja “faadhil adalah ayat yang lebih afdhol dari ayat mafdhul” soal selanjutnya ya’ gue jawab “mafdhul adalah ayat yang tidak lebih afdhol dari ayat faadhil”, lalu setelahnya ada lagi soal yang kalau gue terjemahin artinya “kenapa haram membaca Al-Qur’an dengan bahasa selain bahasa Arab ?” ya gue jawab aja “karena enggak boleh” bener kan ? Emang enggak tepat jawaban kayak gitu, tapi enggak bisa disalahkan, paling enggak gue dapat nilai setengah untuk satu jawaban gue.

Setelah semua soal gue jawab dengan jawaban yang “kreatif” tadi, dengan pedenya gue ngumpul lembar ulangan gue ke meja Ustadz, saat itu gue yang pertama kali ngumpul, setelah ngumpul lembar ulangan gue, gue duduk kembali. Tepat saat pantat gue baru menyentuh ubin (sekolahnya enggak pakai kursi), Ustadz lalu membaca sebuah soal “kenapa haram membaca Al-Qur’an dengan bahasa selain bahasa Arab ? Karena enggak boleh” rupanya Ustadz baca lembar ulangan gue, beliau baca sambil ketawa yang juga disambut tawa oleh peserta-peserta ulangan yang sekelas sama gue, ya’ sekarang semua orang jadi lebih tau kalo gue bego, makanya lo baca blog ini enggak bakalan bikin lo jadi pinter.

Orang bego kok ngasih tips nyontek ? Kalo gue pinter bukan tips nyontek yang gue kasih, tapi les private yang gue kasih ! Oke gue mulai tipsnya yang gue dapat dari pengalaman dan berbagai sumber :

1. Kalo lo anak pesantren dan soal ulangan lo pakai bahasa Arab semua, mau nulis di paha atau kaki takut dosa, TENANG !!! Gue pernah nulis semua mandi-mandi sunnah di betis gue, pakai huruf latin bro ! Ribet amat hidup lo ! Tapi sebelumnya gue saranin buat nyukur bulu kaki dulu, takutnya enggak kebaca saat eksekusi.

2. Kalo lo bukan anak pesantren dan gelisah, bingung mencari cara yang sangat amat aman dalam menyontek, sekali lagi gue bilang TENANG !!! Ambillah kertas selembar, lalu tulis bahan contekan yang kiranya lo perlukan, tulis dengan menggunakan BAHASA ARAB, lo bisa dengan leluasa membuka contekan lo, dan saat lo ketahuan pengawas, bilang aja kalau itu adalah DO’A SEBELUM ULANGAN.

3. Kalalu lo punya cukup nyali, lo bisa lakukan cara ini, letakkan contekan di tempat yang tidak dicurigai pengawasnya, misalkan di jidad pengawasnya, kalo pengawasnya botak kayak Mario Teguh, kalau pengawasnya enggak botak ya udah, itu derita lo !

4. Buat cewek yang biasa bikin contekan di paha, itu terlalu bahaya ! Sebab bukti sulit dihilangkan apabila lo ketahuan nyontek, jadi tulislah contekan di paha temen lo, biar saat ketahuan nyontek, lo bisa nyalahin temen lo ! Licik ? Tapi hidup memang kejam !

5. Buat cowok yang juga mau ikut-ikutan nulis contekan di paha tapi enggak bisa karena susah liat contekannya dikarenakan cowok makai celana, TENANG !!! Lo datang aja ke sekolah pakai sarung, kalo lo ditanya pengawasnya kenapa makai sarung, bilang aja “SUNATAN SAYA BELUM KERING PAK !”

Kayaknya tips nomor 5 udah cukup lucu buat jadi ending tips ngaco dari gue ini, gue kasih tau lo semua ya’ dan renungi kata-kata gue “menyontek itu salah ! Kenapa kita menyontek ?! Karena fakta di lapangan, yang dipandang selalu nilai, bukan akhlaq” bukan begitu ? (ada pesan moralnya, gokil !)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar